Sunday, February 12, 2012

Pura Hindu bali diresmikan di kota Hamburg

,
Dengan dukungan KJRI Hamburg Umat Hindu Bali di Jerman (Nyama Braya Bali)  telah merayakan peresmian (pemlaspasan) pura Hindu Bali di kota Hamburg di saat perayaan Kuningan yang jatuh pada hari Sabtu 22 Mei 2010.
Nyama Braya Bali, Tempek Hamburg akan menjadi tuan rumah bagi Nyama Braya Bali Jerman pada khususnya dan umat Hindu Dharma Eropa pada umumnya. Acara  diselenggarakan di area Museum Etnologi (Völkerkundemuseum) Hamburg, tempat terletaknya pura tersebut.
Seperti layaknya pembangunan sebuah Pura di Indonesia, pembangunan Pura di area museum Völkerkunde di bangun dengan aturan yang memenuhi semua standar keagamaan, sehingga bangunan Pura yang diwujudkan tidak hanya menampilkan sebuah bangunan dengan nilai seni semata melainkan juga memiliki nilai spiritual yang memenuhi fungsi keagamaan sebagai sebuah Pura tempat pemujaan kepada Tuhan yang Mahaesa. Dengan berdirinya pura Hindu Bali yang memang bersifat terbuka, diharapkan juga akan meningkatkan dialog budaya antara Indonesia dan Jerman maupun dialog antar umat beragama.
Pura Bali di Hamburg merupakan pura Bali pertama di Jerman dan satu-satunya Pura Bali yang dapat diakses secara umum di Eropa.
Pembangunan Pura tersebut terwujud berkat inisiatif dari Luh Gede Juli Wirahmini Biesterfeld. Juli telah mengorganisasikan pembelian bahan bangunan Pura di Bali, pengirimannya dari Bali dan proses pembangunan di Hamburg, hingga selesai pada akhir tahun 2009. Sebelum bisa digunakan perlu ada upacara pemlaspasan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei tersebut.
Upacara dimulai jam 09.30 dipimpin oleh Ida Bhagawan Dwija. Kedatangan tamu undangan dijadwalkan jam 12:00 dilanjutkan dengan makan siang. Selain upacara agama, acara Pemlaspasan pura dan perayaan hari raya Kuningan juga akan digunakan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui penampilan seni budaya Bali. Acara Hiburan tersebut yang diisi dengan tarian dan musik Bali akan dimulai sekitar jam 15:00.
Hamburg, 11 Mei 2010
Sumber : KJRI Hamburg

0 comments to “Pura Hindu bali diresmikan di kota Hamburg”

Post a Comment

 

arika's blog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates